Thursday, June 27, 2024

Hubungan Kepercayaan Merek Terhadap Kepribadian Merek

 


Tujuan utama dari pemasaran adalah untuk menciptakan ikatan yang kuat antara
konsumen dan merek, adapun komponen yang harus di perkuat yaitu jaringan
dalam kepercayaan (Delgado-Ballester et al., 2003 dalam Isa Cardosa, 2013: 2).
Untuk kepercayaan mengartikan bahwa merek adalah elemen aktif, hubungan ini
didasarkan pada harapan bahwa konsumen memiliki kinerja dalam merek
(Delgado- Ballester et al., 2003 dalam Isa Cardosa, 2013: 2). Penjelas lain
menurut (Holbrook dan Chaudhuri, 2001 dalam Isa Cardosa, 2013: 2)
menjelaskan kepribadian merek sebagai kesediaan konsumen untuk
mengandalkan kemampuan merek untuk menjalankan fungsi yang ditetapkan.
Kepercayaan mengurangi ketidakpastian dalam lingkungan yang rentan karena
konsumen tahu bahwa mereka dapat mempercayai merek. Ketika konsumen sudah
percaya terhadap suatu merek maka tidak ada lagi keraguan yang ada di dalam
benak konsumen untuk membeli produk tersebut. Delgado-Ballester et al. (2003)
dan Li et al. (2007) dalam Isa Cardosa (2013: 2) menjelaskan dimensi kepribadian
merek, dimana kepribadian merek terdiri dari keamanan (kepercayaan konsumen
pada merek) dan niat.

No comments:

Post a Comment