Thursday, June 27, 2024

Kredibilitas Celebrity Endorser dengan Brand Awareness

 


Kredibilitas celebrity endorser merupakan kemampuan seorang
selebriti dalam menyampaikan pesan atau memberikan informasi dengan
baik dan dapat dipercaya ( Arsita dan Punami, 2015). Pesan yang
disampaikan oleh nara sumber yang menarik akan lebih mudah dan
menarik perhatian konsumen. Menurut Kotler & Keller, (2012) celebrity
endorser merupakan penggunaan narasumber sebagai figure yang menarik
atau popular dalam iklan, hal ini merupakan salah satu cara kreatif untuk
menyampaikan pesan agar pesan yang disampaikan dapat mencapai
perhatian yang lebih tinggi dan dapat diingat.
Pada saat beriklan tentu saja seorang selebriti diharapkan menjadi
endorser yang baik. Mereka digunakan sebagai juru bicara merek agar
cepat melekat di benak konsumen (awareness), sehingga konsumen mau
membeli merek tersebut. Brand Awareness adalah hasil dari iklan yang
memiliki daya tarik yang sering kali mempengaruhi persepsi konsumen
dalam pengambilan keputusan pembelian ( Khan et al. 2016). Selain itu,
selebriti dapat juga digunakan sebagai alat yang cepat untuk mewakili
segmen pasar yang dibidik. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan antara Kredibilitas Celebrity Endorser dengan Brand
Awareness. Hubungan antar variabel ini didukung oleh penelitian Nur
Putri dkk (2020) dan Nugroho (2013)

No comments:

Post a Comment