Thursday, June 27, 2024

Daya Tarik Iklan

 


Menurut Kalele dkk (2015), daya tarik iklan adalah sesuatu yang
menggerakan orang, berbicara mengenai keinginan atau kebutuhan mereka
dan membangkitkan ketertarikan. (Fajriani, Suharyono, & Bafadhal, 2018),
daya tarik iklan rasional memfokuskan pada kebutuhan fungsional, kegunaan
atau kebermanfaatan suatu produk dan memfokuskan pada produk dan
manfaat yang diperoleh jika menggunakan produk tersebut. Sementara daya
tarik rasional menurut Belch dan Belch dalam (Fajriani et al.,2018), adalah
daya tarik yang berhubungan dengan mengedepankan kebutuhan sosial dan
psikologis seingga konsumen termotivasi untuk membeli produk yang
diiklankan. Grigaliunaite dan Pileliene (2016) juga menunjukkan bahwa
daya tarik rasional maupun emosional dalam iklan, masing-masing mampu
memengaruhi brand awareness konsumen pada produk convenience.
Perkembangan teknologi yang sangat pesat dan melihat perilaku
masyarakat modern yang bergantung dengan teknologi khususnya
smartphone, radio, dan televisi perusahaan dapat memanfaatkan media
tersebut untuk melakukan perencanaan strategi promosi melalui iklan (Dei dan
Dama, 2019; Darma et al., 2019). Ariani (2016) menyebutkan bahwa segala
bentuk iklan memang difungsikan untuk menarik minat para konsumen. Akan
tetapi daya tarik iklan pada online shop memiliki tampilan yang berbeda
dibandingkan dengan media televisi. Iklan tak hanya kita jumpai di televisi
atau media cetak saja, melainkan iklan-iklan diinternet juga banyak. Apalagi
iklan diinternet saat sekarang lebih efisien. Maulana (2016) daya tarik iklan
internet yaitu bentuk konten komersial di internet yang didesain oleh pebisnis
untuk menginformasikan kepada konsumen tentang produk atau jasa.
Menurut Amandeep, et., al (2018), indikator-indikator daya tarik iklan
adalah :

  1. Ketertarikan ketika menonton iklan
    Konsumen memiliki rasa tertarik pada iklan yang ditonton dan
    memberikan kesan.
  2. Keunikan iklan
    Iklan memiliki keunikan untuk menarik konsumen dalam
    menyukai merek.
  3. Iklan informatif
    Konsumen disuguhkan informasi yang baik tentang produk.
  4. Kejelasan iklan
    Iklan memiliki tingkat efektivitas yang baik dan dapat dipahami
    konsumen
  5. Keinginan membeli produk yang ditampilkan
    Iklan memberikan pengalaman menarik yang membuat konsumen
    ingin membeli produk

No comments:

Post a Comment