Thursday, June 27, 2024

Kredibilitas Celebrity Endorser

 


Kredibilitas adalah keadaan atau kondisi yang dapat dipercaya dan bisa
dipertanggung jawabkan. Kredibilitas Celebrity Endorser bisa diartikan ari seorang tokoh endorser dimata perusahaan,
pelanggan, dan masyarakat. Celebrity Endorser adalah orang yang berada dan
juga mendemonstrasikan produk atau jasa yang akan ditayangkan dalam
sebuah iklan. Celebrity Endorser merupakan figur yang akan menyampaikan
suatu iklan, dimana figur ini biasanya merupakan tokoh tekenal, selebriti,
model, atlet olah raga, penyanyi (Hartono, 2016).
Celebrity Endorser mampu menciptakan target pasar yang begitu besar
dan dapat meningkatkan citra suatu produk, (Maulana, Roby 2018). Pada era
modern seperti ini banyak masyarakat yang menjadikan selebriti yang
diidolakannya sebagai trendsetter. Menurut Ifeanyichukwu (2016), konsumen
mengakui peran dan kekuatan selebritas dalam periklanan, peran selebriti
pendukung jika dikelola dengan tepat maka akan sangat membantu dalam
memposisikan merek dalam benak konsumen. Selebriti mampu menarik lebih
banyak perhatian konsumen pada iklan yang muncul, ketika produk yang
mereka dukung diselaraskan dengan citra selebriti sendiri (McCormick, 2016).
Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi celebrity endorser menurut
Shimp (2013) dalam Nike Cholifah dkk (2016) :

  1. Trusthworthiness
    Sejauh mana celebrity endorser dipandang memiliki kejujuran,
    ketulusan dan dapat dipercaya.
  2. Expertise
    Pengetahuan, pengalaman, atau keterampilan yang dimiliki oleh
    endorser.
  3. Respect
    Seorang endorser yang dikagumi dan dihormati oleh konsumen
    karena kualitas pribadi dan prestasinya.
  4. Attractiveness
    Daya tarik yang ditunjukan oleh endorser meliputi kesamaan,
    keakraban, dan rasa suka.
  5. Similarity
    Atribut untuk hubungan konsumen dengan endorser yang
    memiliki karakteristik yang sama dengan diri konsumen.
    Menurut Bimal dkk (2012) indikator-indikator celebrity endorser
    adalah :
  6. Visibility
    Kesadaran masyarakat tentang bintang iklan yang memiliki
    kepopuleran dan berprestasi.
  7. Credibility
    Pengetahuan, pengalaman atau keahlian yang dimiliki celebrity
    endorser.
  8. Attractiveness
    Daya tarik yang dimiliki selebriti dalam iklan yang dibintanginya.
  9. Power
    Celebrity endorser yang memiliki kekuatan karisma dimata
    konsumen dalam iklan yang dibintanginya

No comments:

Post a Comment