Thursday, June 27, 2024

Pengertian Manajemen Pemasaran

 


Manajemen pemasaran merupakan salah satu fungsi bisnis yang sangat
berperan penting dan telah menjadi elemen yang semakin vital untuk kesuksesan
bisnis. Bahkan manajemen pemasaran sangat memengaruhi kehidupan kita setiap hari
dan melekat dalam setiap hal yang kita lakukan. Menurut Adrian Payne (2007:27)
manajemen pemasaran merupakan suatu proses mempersepsikan, memahami,
menstimulasi dan memenuhi kebutuhan pasar sasaran yang dipilih secara khusus
dengan menyalurkan sumber-sumber sebuah organisasi untuk kebutuhan-kebutuhan
tersebut. Sedangkan menurut Kotler dan Keller (2010:5) manajemen pemasaran
adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan,
mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola
pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku
kepentingannya.
Dapat disimpulkan bahwa pemasaran (marketing) adalah serangkaian
kegiatan pribadi atau organisasi untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan yang
diinginkan pelanggan serta usaha perusahaan melalui proses pertukaran. Kegiatan
yang dimaksud adalah membuat, berkomunikasi, menciptakan nilai kepada pelanggan
dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Bagi perusahaan
menjalankan kegiatan ini tidak dapat dengan sendirinya dilakukan.

No comments:

Post a Comment