Thursday, June 27, 2024

Pengertian Brand (Merek)

 


Penetapan merek sudah hampir berabad-abad sebagai sarana untuk
membedakan barang-barang dari satu produsen ke produsen lain. Tanda paling awal
dari penetapan merek di Eropa adalah tuntutan serikat kerja abad pertengahan bahwa
para tukang member merek dagang pada produk mereka untuk melindungi diri
mereka dan konsumen terhadap mutu yang jelek. Dalam dunia seni, penetapan merek
dimulai dengan para artis yang menandatangani karya mereka. Dewasa ini merek
memainkan sejumlah peran penting untuk meningkatkan hidup konsumen dan nilai
keuangan perusahaan.
Asosiasi Pemasaran Amerika dalam Kotler (2007:232) mendefinisikan bahwa
merek adalah :
“Nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan atau kombinasi dari semuanya,
yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa penjual atau
kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikan dari barang atau jasa
pesaing.”

No comments:

Post a Comment