Loyalitas merek adalah satu ukuran kesetiaan konsumen terhadap suatu
merek menurut (Rangkuti, 2002). Sendangkan Loyalitas merek adalah ukuran
kedekatan pelanggan pada sebuah merek menurut (Henry, 2007). Sedangkan
loyalitas merek merupakan suatu ukuran keterkaitan seorang pelanggan kepada
sebuah merek menurut (Durianto, 2001).
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa loyalitas merek
merupakan ukuran kesetiaan, kedekatan atau keterkaitan pelanggan pada sebuah
merek. Ukuran ini mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya
seorang pelanggan beralih ke merek produk yang lain, terutama jika pada merek
tersebut dihadapi adanya perubahan, baik menyangkut harga maupun atribut
lainnya.
Dalam kaitannya dengan loyalitas merek suatu produk, didapati adanya
beberapa tingkatan loyalitas merek. Masing-masing tingkatannya menunjukan
tantangan pemasaran yang harus dihadapi sekaligus aset yang dapat dimanfaatkan.
Adapun tingkatan loyalitas merek tersebut menurut (Durianto, 2004), adalah
sebagai berikut:
- Switcher (Berpindah-Pindah) Adalah tingkatan loyalitas paling dasar.
Semakin sering pembelian konsumen berpindah dari suatu merek ke merek
yang lain mengindikasikan bahwa mereka tidak loyal, semua merek dianggap
memadai. Dalam hal ini merek memegang peranan kecil dalam keputusan
pembelian. Ciri yang paling tampak dari jenis pelanggan іni adalah mereka
membeli suatu produk karena harganya murah dan banyak konsumen lain
yang membeli merek tersebut. - Habitual Buyer (Pembeli Yang Bersifat Kebiasaan) Adalah pembeli yang
tidak mengalami ketidakpuasan dalam mengkonsumsi suata merek produk.
Tidak ada alasan yang kuat baginya untuk membeli merek produk lain atau
berpindah merek, terutama jika peralihan itu membutuhkan usaha, biaya, atau
pengorbanan lain. Jadi pembeli ini dalam membeli suatu merek karena alasan
kebiasaan. - Satisfied Buyer (Pembeli Yang Puas Dengan Biaya Peralihan) Adalah
kategori pembeli yang puas dengan merek yang dikonsumsi. Namun pembeli
ini dapat saja berpindah merek dengan menanggung biaya peralihan
(switching cost), seperti waktu, biaya atau resiko уаngtimbul akibal tindakan
peralihan merek tersebut untuk menarik minat pembeli kategori ini, pesaing
perlu mengatasi biaya peralihan yang harus ditanggung pembeli dengan
menawarkan berbagai manfaat sebagai kompensasi. - Likes The Brand (Menyukai Merek) Adalah kategori pembeli yang sungguh-
sungguh menyukai merek tersebut. Rasa asosiasi yang berkaitan dengan
simbol, rangkaian pengalaman menggunakan merek itu sebelumnya, atau
persepsi kualitas yang tinggi dan mereka menganggap merek sebagai sahabat. - Committed Buyer (Pembeli Yang Berkomiten) Adalah kategori pembeli yang
setia. Pembeli ini mempunyai kebanggaan dalam menggunakan suatu merek.
Merek tersebut bahkan menjadi sangat penting baik dari segi fungsi maupun
sebagai ekspresi siара sebenarnya penggunanya. Ciri yang tampak pada
kategori ini adalah tindakan pembeli untuk merekomendasikan dan
mempromosikan merek yang digunakannya kepada orang lain
No comments:
Post a Comment