Friday, June 28, 2024

Pengertian Citra Merek

 


Menurut American Marketing Association dalam Kotler dan Keller
(2009:332) mendefinisikan merek sebagai nama, istilah, tanda, simbol,
atau rancangan, atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk
mengidentifikasikan barang atau jasa dari salah satu penjual atau
kelompok penjual dan mendiferensiasikan dari barang atau jasa pesaing.
Menurut David Aaker (2015:8) mengemukakan bahwa merek
merupakan janji satu organisasi kepada pelanggan untuk memberikan
apa yang menjadi prinsip merek itu, tidak hanya dalam hal manfaat
fungsional, tetapi juga manfaat emosional, ekspresi diri, dan sosial.
Menurut David McNally & Karl D. Speak (2009:6) merek
merupakan persepsi atau emosi yang dipertahankan dan dipelihara oleh
para pembeli atau calon pembeli yang melukiskan pengalaman yang
membahagiakan dengan persoalan menjalankan bisnis-bisnis bersama
sebuah organisasi atau memakai produk atau jasa-jasanya.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa citra
merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau
kombinasinya yang merupakan janji organisasi atau perusahaan atau
penjual kepada pelanggannya agar mendapatkan sejumlah manfaat dari
merek tersebut yang menjadi ciri khas dari para pesaingnya.

No comments:

Post a Comment