Thursday, June 27, 2024

Definisi Citra Merek (Brand Image)

 


Brand image adalah representasi dari keseluruhan persepsi terhadap merek
dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek itu. Citra
terhadap merek berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan dan preferensi
terhadap suatu merek. Konsumen yang memiliki citra yang positif terhadap suatu
merek, akan lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian.
Dijelaskan dalam bukunya Kottler mendefinisikan brand image sebagai
seperangkat keyakinan, ide dan kesan yang dimiliki seorang terhadap suatu
merek. Karena itu sikap dan tindakan konsumen terhadap suatu merek sangat di
tentukan oleh brand image merupakan syarat dari merek yang kuat.
Brand image adalah asosiasi brand saling berhubungan dan menimbulkan
suatu rangkaian dalam ingatan konsumen. Brand image yang terbentuk di benak
konsumen. Konsumen yang terbiasa menggunakan brand tertentu cenderung
memiliki konsistensi terhadap brand image.
Brand image berkaitan antara asosiasi dengan brand karena ketika kesan-
kesan brand yang muncul dalam ingatan konsumen meningkat disebabkan
semakin banyaknya pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi atau membeli
brand tersebut. Konsumen lebih sering membeli produk dengan merek yang
terkenal karena merasa lebih nyaman dengan hal-hal yang sudah dikenal, adanya
asumsi bahwa merek terkenal lebih dapat diandalkan, selalu tersedia dan mudah
dicari, dan memiliki kualitas yang tidak diragukan, sehingga merek yang lebih
dikenal lebih sering dipilih konsumen daripada merek yang tidak terkenal (Aaker,
1991).

No comments:

Post a Comment