Thursday, June 27, 2024

Faktor Yang Mempengaruhi Citra Merek (Brand Image)

 


Brand image memiliki 3 variabel pendukung, menurut (Sutisna, 2001)
yaitu:
a. Citra Pembuat/ Perusahaan (Corporate Image)
Merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap
perusahaan yang membuat suatu produk atau jasa.
b. Citra Pemakai (User Image)
Merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap
pemakai yang menggunakan suatu barang atau jasa.
c. Citra Produk (Product Image)
Merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap suatu
produk. Brand image terdiri dari tiga komponen menurut (Aaker, 1991) yaitu:
1) Atribut Produk (Product Attributes)
Merupakan hal-hal yang berkaitan dengan merek tersebut sendiri seperti,
kemasan, isi produk, harga, rasa, dll.
2) Keuntungan Konsumen (Consumer Benefits)
Merupakan kegunaan produk dari merek tersebut.
3) Kepribadian Merek (Brand Personality)
Merupakan asosiasi (presepsi) yang membayangkan mengenai kepribadian
sebuah merek apabila merek tersebut seorang manusia.

No comments:

Post a Comment