Thursday, June 27, 2024

Definisi Ekuitas Merek (Brand Equity)

 


Brand Equity adalah keinginan dari seseorang untuk melanjutkan
menggunakan suatu brand atau tidak. Pengukuran dari brand equity sangatlah
berhubungan kuat dengan kesetiaan dan bagian pengukuran dari pengguna baru
menjadi pengguna yang setia (Keller, 1993).
“Brand equity is the positive differential effect that knowing the brand
name has on customer response to the product or service” menurut ( Kotler dan
Gary, 2004). Artinya ekuitas merek adalah efek diferensiasi yang positif yang
dapat diketahui dari respon konsumen terhadap barang atau jasa.
ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan
dengan suatu merek, nama dan symbol dan dapat menambah atau mengurangi
nilai yang diberikan oleh barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan
perusahaan (Aaker, 1991). Untuk menghubungkan aset dan libilitas tadi kepada
ekuitas merek, aset dan liabilitas tersebut harus berhubungan dengan nama dan
atau simbol suatu merek. Bila nama dan atau simbol berubah, sebagian dan atau
keseluruhan aset dan liabilitas dapat dipengaruhi dan bahkan hilang, walaupun
sebagian mungkin dapat dilebur ke dalam nama atau symbol merek yang baru.
Brand Equity memiliki 5 kategori aset yang mendasarinya

No comments:

Post a Comment