Thursday, June 27, 2024

Faktor-faktor terbentuknya citra merek

 menurut (Keller, 2000) atara lain:

a) Keunggulan asosiasi merek (Favorability of brand association)
Merupakan salah satu faktor pembentuk Brand Image, dimana produk tersebut
unggul dalam persaingan. Karena keunggulan kualitas (model dan kenyamanan)
dan ciri khas itulah yang menyebabkan suatu produk mempunyai daya tarik
terserdiri bagi konsumen. Favorability of brand association adalah asosiasi merek
dimana konsumen percaya bahwa atribut dan manfaat yang diberikan oleh merek
akan dapat
b) Kekuatan asosiai merek (Strength of brand association)
Merupakan asosiasi merek tergantung pada bagaimana informasi masuk
kedalam ingatan konsumen dan bagaimana proses bertahan sebagai bagian dari
citra merek. Kekuatan asosiasi merek ini merupakan fungsi dari jumlah
pengolahan informasi yang diterima pada proses ecoding. Ketika seorang
konsumen secara aktif menguraikan arti informasi suatu produk atau jasa maka
akan tercipta asosiasi yang semakin kuat pada ingatan konsumen. Pentingnya
asosiasi merek pada ingatan konsumen tergantung pada bagaimana suatu merek
tersebut dipertimbangkan.
c) Keunikan asosiasi merek (Uniqueness of brand association)
Adalah asosiasi terhadap suatu merek mau tidak mau harus terbagi dengan
merek-merek lain.

No comments:

Post a Comment