Thursday, June 27, 2024

Dimensi dan Indikator Kualitas Produk

 


Dimensi persepsi kualitas produk yang dipaparkan (Hoe & Mansori, 2018) , yaitu:

  1. Kinerja, berhubungan dengan karakteristik dasar sebuah produk.
  2. Fitur, adalah karakteristik produk yang dirancang untuk menyempurnakan fungsi
    produk atau ketertarikan konsumen terhadap produk.
  3. Keandalan yaitu kemungkinan kecil akan mengalami kerusakan atau gagal pakai.
  4. Kesesuaian, berhubungan dengan kemampuan produk untuk memenuhi spesifikasi
    atau berhubungan dengan tidak ditemukannya cacat produk.
  5. Daya tahan, berhubungan dengan berapa lama umur produk bertahan sebelum
    produk tersebut harus diganti.
  6. Kemampuan produk.
  7. Estetik, berhubungan dengan bagaimana penampilan produk.
  8. Kualitas yang dipersepsi, pandangan baik atau tidaknya konsumen terhadap
    penilaian suatu produk.
    Terdapat tujuh indikator kualitas produk (M. L. Purba & Tambunan, 2018), yaitu:
  9. Kinerja (performance).
  10. Daya tahan (durability).
  11. Kepatuhan spesifikasi.
  12. Properties Reliabilitas.
  13. Estetika.
  14. Kualitas yang dirasakan.
  15. Kemampuan layanannya

No comments:

Post a Comment