Thursday, June 27, 2024

Faktor-faktor yang mempengaruhi Brand Equity

 


Aaker (2006:34) mengelompokkan brand equity dalam 4 faktor, yaitu :

  1. Brand Awareness (Kesadaran Merek)
    Kemampuan konsumen untuk mengenali atau mengingat bahwa sebuah merek
    merupakan anggota dari kategori produk tertentu.
  2. Perceived Quality (Persepsi Kualitas)
    Merupakan penilaian konsumen terhadap keunggulan atau superioritas produk
    secara keseluruhan. Oleh sebab itu, perceived quality didasarkan pada
    evaluasi subyektif konsumen (bukan manajer atau pakar) terhadap kualitas
    produk.
  3. Brand Association (Asosiasi Merek)
    Yakni segala sesuatu yang terkait dengan memori terhadap sebuah merek
    Asosiasi itu bias berupa atribut produk, juru bicara seseorang, atau symbol
    tertentu, asosiasi merek dikendalikan oleh identitas merek. Asosiasi merek
    yang kuat dapat membantu pelanggaran memproses dan menerima informasi
    menjadi alas an untuk membeli serta menciptakan sikap atau perasaan positif
    terhadap merek yang bersangkutan.
  4. Brand Loyalty (Merek Loyalitas)
    Merupakan dimensi inti dari ekuitas merek. Pelanggan yang loyal akan
    menjadi hambatan masuk bagi para pesaing, memungkinkan
    ditetapkannyaharga, tersedianya waktu untuk menanggapi inovasi dari
    pesaing dan bias menjadi benteng pelindung dari kemungkinan kompetisi
    harga

No comments:

Post a Comment