Thursday, June 27, 2024

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

 


(Lupyoadi, 2013) mengemukakan lima faktor yang berhubungan dengan
kepuasan pelanggan, yaitu sebagai berikut :

  1. Kualitas produk, ialah tingkat kondisi dinamis yang berhubungan
    dengan suatu produk atau jasa yang memenuhi dan melebihi harapan.
  2. Kualitas pelayanan atau jasa yaitu pelanggan akan merasa puas jika
    mereka mendapatkan pelayanan yang baik dan sopan sesuai dengan
    pelanggan harapkan.
  3. Emosi yaitu pelanggan akan merasa puas yakin bahwa orang akan
    kagum terhadap dia menggunakan produk dengan merek tertentu yang
    cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi dari social
    yang membuat pelanggan merasa puas terhadap merek tersebut.
  4. Harga yaitu produk memiliki kualitas yang bagus serta harga yang
    relatif murah dan persepsi memberikan nilai tinggi kepada pelanggan
    sesuai dengan harapan pelanggan.
  5. Biaya yaitu pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk
    mendapatkan suatu produk atau jasa agar pelanggan merasa puas
    terhadap produk atau jasa.

No comments:

Post a Comment