Thursday, June 27, 2024

Hubungan Daerah Asal Terhadap Kepribadian Merek

 


Untuk mengevaluasi produk, konsumen menggunakan informasi tentang daerah
asal suatu produk dimana produk tersebut di produksi. Manajer pemasaran
berasumsi bahwa evaluasi produk dipengaruhi oleh pengetahuan konsumen bahwa
konsumen memiliki pengetahuan tentang dari daerah mana produk tersebut
diproduksi (Hong dan Wyer, 1989 dalam Isa Cardosa, 2013: 3). Negara asal atau
tempat asal hanyalah salah satu aspek diantara banyak aspek lainnya, di mana
konsumen mendasarkan persepsi mereka tentang kualitas (Becker, 2000 dalam Isa
Cardosa, 2013: 3).
Banyak peneliti menunjukkan bahwa negara asal tidak hanya berfungsi sebagai
tanda kualitas, tetapi juga memiliki makna simbolis dan emosional bagi konsumen
(Verlegh dan Steenkamp, 1999 dalam Isa Cardosa, 2013: 3). Peterson dan
Jolibert, 1995 dalam Isa Cardosa, (2013: 3) menyatakan bahwa pengaruh daerah
asal lebih besar dalam evaluasi produk dari pada minat beli. Citra daerah asal
dalam penyebaran produknya biasanya melalui iklan, gambar yang disampaikan
adalah bahwa jenis produk memiliki kualitas tertentu yang terutama didasarkan
pada pengetahuan manusia dan alam lingkungan daerah. Faktor-faktor yang
mempengaruhi citra daerah dan kualitas tertentu dari Produk menciptakan
identitas produk yang unik dan dengan demikian dapat menambah nilai produk
(Ittersum et al., 2003 dalam Isa Cardosa, 2013: 3)

No comments:

Post a Comment