Thursday, June 27, 2024

Makna dan Tipe Merek

 


Tjiptono dan Diana (2005:40) menjelaskan dalam suatu merek terkandung 6
macam makna, yaitu :

  1. Atribut
    Merek menyampaikan atribut-atribut tertentu, misalnya Mercedes
    mengisyaratkan tahan lama (awet), mahak, desain berkualitas, nilai jual
    kembali yang tinggi, cepat dan sebagainya.
  2. Manfaat
    Merek bukanlah sekedar sekumpulan atribut, sebab yang dibeli oleh
    konsumen adalah manfaat. Produsen harus menerjemahkan atribut menjadi
    manfaat fungsional maupun emosional.
  3. Nilai-nilai
    Merek juga menyatakan nilai-nilai yang dianut produsennya. Contoh
    Mercedes mencerminkan kinerja tinggi, keamanan dan prestise.
  4. Budaya
    Merek dapat mencerminkan budaya dari masyarakat tertentu, missal produk
    Mercedez buatan Jerman mencerminkan produk dengan cara kerja efisiendan
    berkualitas tinggi.
  5. Kepribadian
    Merek bias pula memproyeksikan kepribadian tertentu. Apabila suatu merek
    divisualisasikan dengan orang, binatang atau suatu proyek, apa yang akan
    terbayangkan.
  6. Pemakai
    Merek juga mengisyaratkan tipe konsumen yang membeli atau menggunakan
    produknya.

No comments:

Post a Comment