Tjiptono dan Diana (2005:40) menjelaskan dalam suatu merek terkandung 6
macam makna, yaitu :
- Atribut
Merek menyampaikan atribut-atribut tertentu, misalnya Mercedes
mengisyaratkan tahan lama (awet), mahak, desain berkualitas, nilai jual
kembali yang tinggi, cepat dan sebagainya. - Manfaat
Merek bukanlah sekedar sekumpulan atribut, sebab yang dibeli oleh
konsumen adalah manfaat. Produsen harus menerjemahkan atribut menjadi
manfaat fungsional maupun emosional. - Nilai-nilai
Merek juga menyatakan nilai-nilai yang dianut produsennya. Contoh
Mercedes mencerminkan kinerja tinggi, keamanan dan prestise. - Budaya
Merek dapat mencerminkan budaya dari masyarakat tertentu, missal produk
Mercedez buatan Jerman mencerminkan produk dengan cara kerja efisiendan
berkualitas tinggi. - Kepribadian
Merek bias pula memproyeksikan kepribadian tertentu. Apabila suatu merek
divisualisasikan dengan orang, binatang atau suatu proyek, apa yang akan
terbayangkan. - Pemakai
Merek juga mengisyaratkan tipe konsumen yang membeli atau menggunakan
produknya.
No comments:
Post a Comment