Thursday, June 27, 2024

Pengertian Manajemen Pemasaran

 


Manajemen pemasaran merupakan suatu usaha yang merencanakaan dan
menerapkan yang terdiri dari kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan serta
mengawasi, mengendalikan kegiatan perusahaan agar tercapai tujuan
perusahaan secara efektif dan efisien. Menurut Kotler & Keller (2009:5)
Manajemen Pemasaran adalah suatu proses yang dilakukan dengan
menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan program-program yang
menguntungkan perusahaan, dan diartikan sebagai ilmu memilih pangsa pasar
supaya menciptakan nilai pelanggan yang unggul.
Menurut George R. Terry dalam Affifudin (2013:5) manajemen sebagai
suatu proses yang terdiri dari perencanaan, perorganisasian, pengendalian dan
penggerakan yang dilakukan untuk menentukan sasaran yang telah ditentukan
melalui SDM dan sumber daya lainnya.
Menurut (Sofjan Assauri, 2013) Manajemen Pemasaran merupaka kegiatan
menganalisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program yang dibuat
untuk membentuk, membangun , dan memelihara keuntungan dari pertukaran
melalu sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi jangka panjang.
Berdasarkan definisi manajemen pemasaran diatas dapat disimpulkan
bahwa manajemen pemasaran suatu proses yang dimulai dari perencanaan,
pengarahan, dan pengendalian produk dengan tujuan membantu organisasi atau
perusahaan untuk mencapai tujuan yang diharapkan

No comments:

Post a Comment