Thursday, June 27, 2024

Pengertian Word of Mouth

 


Word of mouth suatu strategi pemasaran yang mengandalkan rekomendasi
dan ulasan dari pelanggan, baik ulasan secara pribadi ataupun kelompok
terhadap produk atau jasa. Word of mouth merupakan strategi pemasaran yang
mudah dilakukan untuk memperkenalkan dan menjual suatu produk, sehingga
pada akhirnya akan mendatangkan pelanggan baru. Menurut (Priansa, 2017)
word of mouth yaitu kegiatan pemasaran dalam memberikan informasi suatu
produk atau jasa dari satu pelanggan kepada pelanggan lainnya untuk
membicarakan, mempromosikan dan mau menjual suatu merek kepada orang
lain.
Bakti et.al., (2020) memaparkan tentang word of mouth yang merupakan
kegiatan pemasaran antara pelanggan yang satu dengan pelanggan yang lain baik
secara lisan, tulisan maupun lewat alat komunikasi elektronik (email dan
smartphone) yang terhubung dengan internet, didasari oleh pengalaman atas
produk atau jasa. Definisi diatas word of mouth secara umum dapat diartikan
merupakan kegiatan yang memberikan pertukaran informasi atau pandangan
pribadi seseorang terhadap produk barang atau jasa kepada orang terdekat,
apakah produk atau jasa tersebut dapat dikonsumsi atau tidak bagi calon
pelanggan lainnya.
Menurut Nurfajriani (2015) dalam word of mouth terdapat beberapa faktor
yang mendasari sehingga pelanggan mau merekomendasikan suatu produk
kepada orang lain faktor ini antara lain :
a) Faktor kepuasan,
b) Loyalitas,
c) Kualitas jasa,
d) Nilai yang dirasakan,
e) Kepercayaan

No comments:

Post a Comment