Thursday, June 27, 2024

Pengukuran Loyalitas

 


Menurut Ali Hasan (2013;140) loyalitas dapat diukur berdasarkan beberapa
hal seperti berikut ini :

  1. Urutan pilihan (choice sequence)
    Metode urutan pilihan atau disebut juga pola pembelian ulang ini banyak
    dipakai dalam penelitian dengan menggunakan panel-panel agenda harian
    pelanggan lainnya, dan lebih terkini lagi, data scanner.
  2. Proporsi pembelian (proportion of purchase)
    Berbeda dengan runtutan pilihan, cara ini menguji proporsi pembelian total
    dalam sebuah kelompok produk tertentu. Data yang dianalisis berasal dari
    panel pelanggan.
  3. Preferensi (preference)
    Cara ini mengukur loyalitas dengan menggunakan komitmen psikologis atau
    pernyataan preferensi. Dalam hal ini, loyalitas dianggap sebagai “sikap yang
    positif” terhadap suatu produk tertentu, sering digambarkan dalam istilah niat
    untuk membeli.
  4. Komitmen (commitment)
    Komitmen lebih terfokus pada komponen emosinal atau perasaan. Komitmen
    terjadi dari keterkaitan pembelian yang merupakan akibat dari keterlibatan
    ego dengan kategori merek. Keterlibatan ego tersebut terjadi ketika sebuah
    produk sangat berkaitan dengan nilai-nilai penting, keperluan, dan konsep diri
    pelanggan.

No comments:

Post a Comment