Thursday, June 27, 2024

Tahapan Loyalitas

 


Menurut Ali Hasan (2013:134) loyalitas berkembang mengikuti empat tahap
secara runtut, yaitu kognitif, afektif, konatif, dan tindakan, penjelasannya yaitu :

  1. Loyalitas Kognitif
    Konsumen yang mempunyai loyalitas tahap pertama ini menggunakan basis
    informasi yang memaksa menunjuk pada satu merek atas merek lain,
    loyalitasnya hanya didasarkan pada aspek kognisi saja.
  2. Loyalitas Afektif
    Loyalitas tahap kedua didasarkan pada aspek afektif konsumen. Sikap
    merupakan fungsi dari kognisi (pengharapan) pada periode awal pembelian
    (masa pra konsumsi) dan merupakan fungsi dari sikap sebelumnya dan
    kepuasan di periode berikutnya (masa pasca konsumsi). Loyalitas tahap ini
    jauh lebih sulit diubah, karena loyalitasnya sudah masuk ke dalam benak
    konsumen sebagai afektif, bukan sebagai kognisi yang mudah berubah.
  3. Loyalitas Konatif
    Dimensi konatif (niat melakukan) yang dipengaruhi oleh perubahan-
    perubahan afektif terhadap merek. Konasi menunjukkan suatu niat atau
    komitmen untuk melakukan sesuatu ke arah tujuan tertentu. Maka loyalitas
    konatif merupakan suatu kondisi loyal yang mencakup komitmen mendalam
    untuk melakukan pembelian.
  4. Loyalitas Tindakan
    Untuk mengenali perilaku loyal dilihat dari dimensi ini, ialah dari komitmen
    pembelian ulang yang ditujukan pada suatu produk dalam kurun waktu
    tertentu secara teratur. Dilihat dari aspek atau tindakan, atau control tindakan,
    umumnya dalan runtutan control tindakan, niat yang diikuti oleh motivasi,
    merupakan kondisi yang mengarah pada kesiapan bertindak dan keinginan
    untuk mengatasi hambatan untuk mencapai tindakan tersebut. Dalam loyalitas
    tindakan, konsumen kebal terhadap upaya pemasaran dari merek pesaing.

No comments:

Post a Comment