Menurut Hermawan (2009:101) ada tiga macam tipe pelanggan yaitu :
- Pelanggan Agresif
Pada umumnya, pelanggan dengan tipe ini menginginkan agar ada orang yang
mengetahui agar ia merasa kecewa dengan produk atau layanan perusahaan. - Pelanggan pasif
Ada dua tipe pelanggan pasif :
1) Mereka tidak mengatakan apapun dan tidak kembali lagi, kemudian
mereka menceritakan pengalaman negative yang mereka alami tersebut
kepada orang lain.
2) Apabila mereka tidak puas terhadap sesuatu, mereka akan bertanya sambil
tersenyum dan mengatakan „ya, terima kasih, hanya ada satu hal yang
ingin saya katakana‟. Keluhan disampaikan dengan sangat manis dan sulit
bagi perusahaan untuk menentukan apakah keluhan itu serius atau tidak. - Pelanggan konstruktif
Sering kali merasa bahwa dirinya lebih pandai dari perusahaan dalam
menjalankan usaha. Selain itu biasanya penuh ide-ide yang tidak berguna dan
banyak bicara
No comments:
Post a Comment