Thursday, June 27, 2024

Tipe-tipe Pelanggan

 


Menurut Hermawan (2009:101) ada tiga macam tipe pelanggan yaitu :

  1. Pelanggan Agresif
    Pada umumnya, pelanggan dengan tipe ini menginginkan agar ada orang yang
    mengetahui agar ia merasa kecewa dengan produk atau layanan perusahaan.
  2. Pelanggan pasif
    Ada dua tipe pelanggan pasif :
    1) Mereka tidak mengatakan apapun dan tidak kembali lagi, kemudian
    mereka menceritakan pengalaman negative yang mereka alami tersebut
    kepada orang lain.
    2) Apabila mereka tidak puas terhadap sesuatu, mereka akan bertanya sambil
    tersenyum dan mengatakan „ya, terima kasih, hanya ada satu hal yang
    ingin saya katakana‟. Keluhan disampaikan dengan sangat manis dan sulit
    bagi perusahaan untuk menentukan apakah keluhan itu serius atau tidak.
  3. Pelanggan konstruktif
    Sering kali merasa bahwa dirinya lebih pandai dari perusahaan dalam
    menjalankan usaha. Selain itu biasanya penuh ide-ide yang tidak berguna dan
    banyak bicara

No comments:

Post a Comment