Sunday, February 26, 2023

Pengaruh Variabel Kompensasi Terhadap Kinerja

 Kompensasi adalah setiap bentuk pembayaran atau imbalan yang diberikan kepada karyawan sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang diberikannya, baik upah per jam ataupun gaji periodik. Salah satu cara manajemen untuk meningkatkan prestasi kerja, memotivasi dan meningkatkan kinerja para karyawan adalah melalui kompensasi (Mathis dan Jackson, 2000). Handoko (1993) menyatakan bahwa kompensasi penting bagi karyawan sebagai individu karena besarnya kompensasi mencerminkan ukuran karya mereka diantara para karyawan itu sendiri, keluarga dan masyarakat. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Khoiriyah L. (2009) yang berjudul “Pengaruh upah dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Aji Bali Jaya Wijaya Surakarta” diperoleh kesimpulan bahwa upah dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan CV. Aji Bali Jayawijaya.

Dan juga penelitian yang dilakukan oleh Dito A.H. (2010) yang berjudul “ Pengaruh kompensai terhadap kinerja karyawan PT. Slamet Langgeng Purbalingga dengan motivasi sebagai variabel intervening” dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening. Diperoleh kesimpulan bahwa  Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi dan pada hasil analisis regresi linier 2 diketahui bahwa Kompensasi dan Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja.

No comments:

Post a Comment