Sunday, June 30, 2024

Indikator Harga

 


Harga menjadi salah satu bagian terpenting dalam proses jual beli,
karena harga adalah alat tukar dalam transaksi. Menurut (Stanton, 2012)
menjelaskan indikator-indikator harga yaitu:

  1. Keterjangkauan harga
  2. Daya saing harga
  3. Kesesuaian harga dengan kualitas produk
  4. Kesesuaian harga dengan manfaat
    Adapun pengertiannya sebagai berikut:
  5. Keterjangkauan harga
    Harga merupakan faktor penentu dalam membeli barang. Barang
    harus disesuaikan dengan pasar dan sesuai tingkat perekonomian
    masyarakat. Konsumen bisa menjangkau harga yang telah ditetapkan
    oleh perusahaan. Harga mahal bukan menjadi penentu konsumen untuk
    melakukan pembelian. Pemasar harus mampu menawarkan produk yang
    dapat dijangkau masyarakat sehingga menimbulkan keuntungan yang
    lebih besar bagi pemasar.
  6. Daya saing harga
    Harga sering menimbulkan pertimbangan bagi pembeli. Harga suatu
    produk harus bisa bersaing dengan produk lain. Pesaing harga perlu
    dilakukan agar konsumen berani memilih untuk melakukan pembelian
    sesuai dengan kebutuhannya. Pesaing harus sesuai dengan harga pasar.
  7. Kesesuaian harga dengan kualitas produk
    Harga yang ditawarkan seharusnya sesuai dengan kualitas produk
    yang ditawarkan sehingga konsumen tidak merasa tertipu akan produk
    yang dibelinya. Harga mahal bukan berarti menjadi pilihan bahwa
    kualitas produk tinggi dan begitu juga sebaliknya.
  8. Kesesuaian harga dengan manfaat
    Manfaat sebuah produk membuat konsumen ingin memiliki sebuah
    produk yang lebih dari produk lain. Harga tidak menjadi masalah dalam
    mendapatkan produk yang lebih tinggi

No comments:

Post a Comment