Harga menjadi salah satu bagian terpenting dalam proses jual beli,
karena harga adalah alat tukar dalam transaksi. Menurut (Stanton, 2012)
menjelaskan indikator-indikator harga yaitu:
- Keterjangkauan harga
- Daya saing harga
- Kesesuaian harga dengan kualitas produk
- Kesesuaian harga dengan manfaat
Adapun pengertiannya sebagai berikut: - Keterjangkauan harga
Harga merupakan faktor penentu dalam membeli barang. Barang
harus disesuaikan dengan pasar dan sesuai tingkat perekonomian
masyarakat. Konsumen bisa menjangkau harga yang telah ditetapkan
oleh perusahaan. Harga mahal bukan menjadi penentu konsumen untuk
melakukan pembelian. Pemasar harus mampu menawarkan produk yang
dapat dijangkau masyarakat sehingga menimbulkan keuntungan yang
lebih besar bagi pemasar. - Daya saing harga
Harga sering menimbulkan pertimbangan bagi pembeli. Harga suatu
produk harus bisa bersaing dengan produk lain. Pesaing harga perlu
dilakukan agar konsumen berani memilih untuk melakukan pembelian
sesuai dengan kebutuhannya. Pesaing harus sesuai dengan harga pasar. - Kesesuaian harga dengan kualitas produk
Harga yang ditawarkan seharusnya sesuai dengan kualitas produk
yang ditawarkan sehingga konsumen tidak merasa tertipu akan produk
yang dibelinya. Harga mahal bukan berarti menjadi pilihan bahwa
kualitas produk tinggi dan begitu juga sebaliknya. - Kesesuaian harga dengan manfaat
Manfaat sebuah produk membuat konsumen ingin memiliki sebuah
produk yang lebih dari produk lain. Harga tidak menjadi masalah dalam
mendapatkan produk yang lebih tinggi
No comments:
Post a Comment