Sunday, June 30, 2024

Indikator Kualitas Produk

 


Menurut Tjiptono (2016) indikator kualitas produk yaitu:
1) Kinerja (Performance)
Suatu tindakan yang berhubungan dengan karakteristik operasi
dasar dari sebuah produk.
2) Keistimewaan (Feature)
Merupakan suatu karakteristik yang terdapat dalam suatu produk
yang dirancang untuk dapat menyempurnakan fungsi produk atau
menambah ketertarikan konsumen terhadap produk.
3) Keandalan (Reliability)
Merupakan suatu probabilitas bahwa produk akan bekerja dengan
memenuhi atau tidak dalam periode waktu tertentu. Semakin kecil
kemungkinan terjadinya kerusakan maka produk tersebut dapat
diandalkan.
4) Kesesuaian dengan spesifikasi (Conformance to specification)
Merupakan kesamaan suatu produk dalam industri jasa diukur dari
tingkat akurasi dan waktu pengerjaan termasuk juga perhitungan
kesalahan yang terjadi, keterlambatan yang tidak dapat diantisipasi,
dan beberapa kesalahan lain.
5) Daya Tahan (Durability)
Merupakan berapa lama tingkat ketahanan suatu produk yang
berkaitan bertahan sebelum produk tersebut perlu diganti. Semakin
besar tingkat pemakaian konsumen terhadap produk maka semakin
besar pula daya produk.
6) Serviceability
Merupakan pelayanan yang diberikan tidak terbatas hanya sebelum
penjualan, tetapi juga selama proses penjualan hingga purna jual,
yang juga mencakup pelayanan reparasi dan ketersediaan suku
cadang yang dibutuhkan.
7) Estetika (Aesthetics)
Merupakan hubungan bagaimana produk tersebut menampilkan
desain yang akan dipasarkan.
8) Persepsi Terhadap Kualitas (Perceived Quality)
Merupakan suatu pengukuran secara tidak langsung, hal ini
dikarenakan konsumen tidak mengerti karena kekurangan
informasi terhadap suatu produk yang bersangkutan.

No comments:

Post a Comment