Sunday, June 30, 2024

Perilaku Konsumen

 


Perilaku konsumen merupakan proses yang dinamis yang mencakup
perilaku konsumen individual, kelompok dan anggota masyarakat yang secara terus
menerus mengalami perubahan. Asosiasi Pemasaran Amerika dalam (Suryani,
2013) perilaku konsumen didefiniskan sebagai interaksi yang kuat dan dinamis
dalam melibatkan perasaan, wawasan, perilaku dan lingkungan ketika individu
melakukan pertukaran dalam berbagai hal di dalam kehidupannya, sedangkan
menurut Solomon (2018) perilaku konsumen adalah studi tentang proses
keterlibatan ketika individu atau kelompok memilih, membeli, menggunakan, atau
membuang produk, layanan, ide, atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan
dan keinginan. Agar dapat memahami perilaku konsumen secara tepat pemasar
perlu memperhatikan tindakan langsung yang dilakukan konsumen dalam
mendapatkan, mengonsumsi dan menghabiskan barang dan jasa, termasuk proses
keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen merupakan ilmu yang mempelajari
individu sebagai konsumen dalam memperoleh dan mendapatkan untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginannya.
Menurut Daryanto (2012) menjelaskan pada gambar 2.2. terdapat beberapa
faktor yang mempengaruhi tingkah laku konsumen yang pertama adalah faktor –
faktor budaya kemudian faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis yang
akhirnya menuntun individu melakukan pembelian.
Faktor pertama adalah faktor budaya. Faktor tersebut terdiri atas budaya,
subbudaya, kelas sosial. Budaya merupakan sekumpulan nilai – nilai dasar,
persepsi, keinginan dan tingkah laku yang dipelajari oleh seseorang anggota
masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya. Selanjutnya adalah
subbudaya yang merupakan sekelompok orang yang mempunyai sistem nilai sama
berdasarkan pada pengalaman hidup dan situasi. Bagian yang terakhir dari budaya
adalah kelas sosial, kelas sosial merupakan bagian masyarakat yang relatif
permanen dan teratur dengan para anggotanya menganut nilai – nilai, minat dan
tingkah laku yang serupa.

No comments:

Post a Comment