Sunday, June 30, 2024

Tinjauan Tentang Komunikasi Pemasaran

 


Tentunya Pemasaran memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan.
Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh
pembeli dan penjual yang sangat membantu dalam pengambilan keputusan di
bidang pemasaran, serta mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dengan
cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik. Definisi ini menyatakan
bahwa komunikasi pemasaran merupakan pertukaran informasi dua arah antara
pihak-pihak atau lembaga-lembaga yang terlibat dalam pemasaran. Pengertian
komunikasi pemasaran menurut Kotler yakni:
“Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication) adalah sarana di
mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan
mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang
produk dan merek yang dijual.” (Kotler dan Keller, 2012:498)
Komunikasi terdapat unsur-unsur yang mendukung terjadinya komunikasi.
proses komunikasi terjadi kalau didukung oleh adanya sumber, pesan, saluran
komunikasi dan penerima. Unsur tersebut disimpulkan dari beberapa model
komunikasi para ahli kemudian yang menjadi unsur utama dalam proses
komunikasi. Apabila diaplikasikan kedalam pemasaran maka akan terjadi proses
komunikasi pemasaran yang mencerminkan pemahaman tentang komunikasi
pemasaran yang didasari oleh pemikiran Kotler dalam buku Essentials of
Marketing. (Lamb, 2012:8-9)
Komunikasi pemasaran dapat digunakan untuk membangun jembatan
antara perusahaan dan pelanggannya. Komunikasi adalah suatu proses
penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak lain agar terjadi yang
saling mempengaruhi diantaranya. Dalam kebanyakan kasus, komunikasi
mengambil bentuk pesan tertulis atau pesan vokal yang dapat dipahami oleh kedua
belah pihak. Namun, komunikasi juga dapat mengambil bentuk penggunaan
gerakan badan, yang biasa disebut sebagai komunikasi nonverbal.
“Komunikasi adalah sebuah proses interaksi untuk berhubungan dari
satu pihak ke pihak lainnya yang pada awalnya berlangsung sangat
sederhana, dimulai dengan sejumlah ide-ide yang abstrak atau pikiran
dalam otak seseorang untuk mencari data atau penyampaian informasi
yang kemudian dikemas menjadi sebentuk pesan untuk kemudian
disampaikan secara langsung maupun tidak langsung menggunakan bahasa
berbentuk kode visual, kode suara, atau kode tulisan.” (Hermawan, 2013:4)
Daryanto mendefinisikan bahwa pemasaran sebagai suatu proses sosial dan
manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan
mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu
sama lain. (Siahaan & Yuliati, 2016: 498)

No comments:

Post a Comment