Friday, June 28, 2024

Dimensi Citra Merek

 


Menurut Aaker (2015:8) tujuan utama membangun citra merek
adalah untuk membangun, meningkatkan, atau menaikkan ekuitas
merek yang dimensi-dimensi utamanya adalah sebagai berikut :
a. Kesadaran merek
Suatu aset yang sering diremehkan, telah ditunjukan dapat
mempengaruhi presepsi, rasa suka, dan bahkan tingkah laku. Orang-
orang menyukai hal yang familiar bagi mereka dan cenderung
menganggap positif hal-hal yang sudah mereka kenal baik. Lebih
jauh lagi, kesadaran merek dapat menjadi syarat keberhasilan,
komoitmen, subtansi, atribut-atribut yang penting bagi para pembeli
barang-barang berharga mahal dan barang-barang yang tahan lama.
b. Asosiasi merek
Meliputi atribut-atribut produk, desain, program sosial, kualitas,
pencitraan pengguna, keberagaman produk, menjadi global, inovasi,
solusi-solusi sistem, kepribadian merek, dan simbol-simbol. Satu
bagian penting dalam pengelolaan merek sebagai aset melibatkan
penentuan asosiasi apa yang harus dikembangkan, penciptaan
program-program yang dapat meningkatkan asosiasi tersebut dan
menautkannya dengan merek yang dimaksud.
c. Loyalitas Merek
Inti dari setiap nilai merek karena begitu inti ini didapatkan,
loyalitas itu akan bertahan. Ketidak inginan pelanggan untuk
berpindah merek akan memberi keuntungan bagi merek yang sudah
memperoleh loyalitas. Akan sulit dan mahal bagi pesaing untuk bisa
mematahkan loyalitas tersebut. Pada hakikatnya tujuan membangun
citra merek adalah memperkuat ukuran dan intensitas dari setiap
loyalitas dengan membuat landasan hubungan pelanggan itu
konsisten dari waktu ke waktu dan apabila memungkinkan, tetap
kaya, mendalam dan penuh arti.

No comments:

Post a Comment