Menurut Kotler dan Keller (2015:97) mengemukakan 5 dimensi
brand image yaitu:
- Brand indentify (Identitas merek)
Berkaitan dengan merek atau produk simbol, warna,
packaging, tempat, identitas perusahaan, motto, dan lain sebaginya
sehingga memudahkan kosumen dalam menegnal dan
membedakannyadengan produk pesaing. - Brand Personality (Personalitas Merek )
Berkaitan dengan ciri khas dari sesuatu merek yang
membangun karakter khusus seperti halnya manusia, seperti
karekter tegas, wibawa, kaku, hangat dinamis, kreatif, murah
senyum, insipenden, penyayang, berjiwa sosial dan lain-lain. - Brand Association (Asosiasi Merek )
Yaitu perihal spesifik yang layak atau selalu di hubungkan
dengan merek tertentu dapat berupa penwaran menarik, kegiatan
rutin dan kosisten seperti sponsorship, CSR, isu-isu yang sangat
kuat terkait merek, person, simbol-simbil, dan maksud tertentu
yang sangat melekat kuat pada produk - Brand Attitude and Behavior ( Sikap dan Prilaku Merek)
Yaitu sikap atau prilaku komunikasi dan interaksi merek
kepada kosumen dalam menawarkan manfaat-manfaat dan nilai
yangdimilikinya. Sikap dan prilaku meliputi sikap dan prilaku
kosumen. Kegiatan dan atribut yang melekat pada merek ketika
berinterkasi dengan para kosumennya. - Brand Benefit and Competence (Manfaat dan Keunggulan Merek)
Yaitu nilai nilai serta kelebihan khususnya yang dihasilkan merek
tertentu kepada kosumen yang membuat kosumen bisa menikmati
manfaat karena kebutuhan, keinginan, harapan dan keingninanya
terealisasi berkat penawaran tersebut
No comments:
Post a Comment