Monday, June 24, 2024

Dimensi Brand Image

 


Menurut Kotler dan Keller (2015:97) mengemukakan 5 dimensi
brand image yaitu:

  1. Brand indentify (Identitas merek)
    Berkaitan dengan merek atau produk simbol, warna,
    packaging, tempat, identitas perusahaan, motto, dan lain sebaginya
    sehingga memudahkan kosumen dalam menegnal dan
    membedakannyadengan produk pesaing.
  2. Brand Personality (Personalitas Merek )
    Berkaitan dengan ciri khas dari sesuatu merek yang
    membangun karakter khusus seperti halnya manusia, seperti
    karekter tegas, wibawa, kaku, hangat dinamis, kreatif, murah
    senyum, insipenden, penyayang, berjiwa sosial dan lain-lain.
  3. Brand Association (Asosiasi Merek )
    Yaitu perihal spesifik yang layak atau selalu di hubungkan
    dengan merek tertentu dapat berupa penwaran menarik, kegiatan
    rutin dan kosisten seperti sponsorship, CSR, isu-isu yang sangat
    kuat terkait merek, person, simbol-simbil, dan maksud tertentu
    yang sangat melekat kuat pada produk
  4. Brand Attitude and Behavior ( Sikap dan Prilaku Merek)
    Yaitu sikap atau prilaku komunikasi dan interaksi merek
    kepada kosumen dalam menawarkan manfaat-manfaat dan nilai
    yangdimilikinya. Sikap dan prilaku meliputi sikap dan prilaku
    kosumen. Kegiatan dan atribut yang melekat pada merek ketika
    berinterkasi dengan para kosumennya.
  5. Brand Benefit and Competence (Manfaat dan Keunggulan Merek)
    Yaitu nilai nilai serta kelebihan khususnya yang dihasilkan merek
    tertentu kepada kosumen yang membuat kosumen bisa menikmati
    manfaat karena kebutuhan, keinginan, harapan dan keingninanya
    terealisasi berkat penawaran tersebut

No comments:

Post a Comment