Tuesday, March 16, 2021

Pengertian Iklan (skripsi dan tesis)


 Iklan secara sederhana didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk untuk ditunjukkan kepada masyarakat lewat suatu media. Iklan hanyalah bagian dari bauran promosi (promotion mix), yang masih terdapat tiga unsur lainnya, yaitu Personal Selling, Sales Promotion, Publicity (Triadi & Bharata, 2010:3). Iklan merupakan berita atau informasi yang bertujuan mendorong serta membujuk masyarakat untuk mengenal, mencoba, dan menyukai barang atau jasa yang di tawarkan. Iklan merupakan sebuah media yang dibuat oleh para pekerja iklan berdasarkan pesanan dari pihak produsen barang atau jasa (Alkatiri, 2005). Ibrahim (2007:127) menyatakan iklan adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Arab „i‟lan, yang mengandung arti “penyiaran,” “pemberitahuan,” atau “pengumuman.” Sedangkan dalam bahasa Indonesia, iklan adalah sebuah informasi atau berita yang disampaikan oleh seseorang, sekelompok orang, badan, atau suatu Minat Beli Minat Preferensial Minat Transaksional Minat Refrensial Minat Eksploratif   instansi kepada masyarakat agar masyarakat dapat memanfaatkannya atau membeli sesuatu yang ditawarkan oleh iklan tersebut. Menurut Peraturan Meteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1787/MENKES/PER/XII/2010 tentang iklan dan Publikasi pelayanan kesehatan menyebutkan iklan adalah informasi yang bersifat komersial dan layanan masyarakat tentang tersedianya jasa, barang, dan gagasan yang dapat dimanfaatkan oleh khalayak dengan atau tanpa imbalan kepada lembaga penyiaran yang bersangkutan. Iklan merupakan salah satu pendekatan yang secara langsung dapat memengaruhi sikap konsumen. Sikap konsumen terhadap iklan dapat memengaruhi sikap konsumen terhadap merek. Sikap terhadap iklan adalah kecenderungan konsumen untuk menjawab dengan baik atau tidak baik terhadap iklan tertentu. Sikap konsumen terhadap iklan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi: isi pesan iklan, pengaruh suatu iklan terhadap suasana hati dan emosi konsumen (Simamora, 2004; Sabdosih, 2013)

No comments:

Post a Comment