Wednesday, March 17, 2021

Sikap Konsumen (skripsi dan tesis)

 

 Sikap konsumen merupakan faktor psikologi penting yang perlu dipahami oleh pemasar karena sikap dianggap mempunyai korelasi yang positif dan kuat dengan perilaku. Bahkan sikap dipandang sebagai prediktor yang efektif untuk 23 mengetahui perilaku konsumen. Suryani (2008;159 ) dalam Usman ( 2012;8 ), Menurut Mowen & Minor (2002 ;126) dalam Muthohar dan Triatmadja (2013;7) sikap dapat didefinisikan sebagai afeksi atau perasaan untuk atau terhadap sebuah rangsangan. Dan dibagi menjadi 2 bagian yaitu: 1. Sikap Terhadap Iklan Sedangkan sikap terhadap iklan adalah suatu kecenderungan untuk merespon dengan cara yang baik atau tidak baik suatu stimuli iklan tertentu dan dalam suatu situasi eksposur tertentu. Menurut Mowen dan Minor (2002;125) dalam muthohar dan triatmadja (2013;7), sikap terhadap iklan mempengaruhi sikap terhadap merek. Sikap terhadap iklan mengacu pada kesukaan atau ketidaksukaan konsumen secara umum atas rangsangan iklan-iklan tertentu selama exposure iklan tersebut. 2. Sikap Terhadap Merek Sikap terhadap merek adalah kecenderungan yang akan dipelajari oleh konsumen dalam mengevaluasi merek Rodriguez (2008; 89). Sikap terhadap merek mempresentasikan pengaruh konsumen terhadap suatu merek, yang dapat mengarah pada tindakan nyata, seperti pilihan terhadap suatu merek. Manfaat tertinggi yang melibatkan selebriti dalam iklan adalah untuk menciptakan eksposur dan perhatian dari konsumen. Perbedaan dan persamaan tertentu yang hadir dalam dampak dukungan selebriti dan bagaimana konsumen memandang mereka. Meskipun ada dampak positif dari dukungan selebriti pada perhatian dan eksposur konsumen, hubungannya dengan sikap positif terhadap merek dan keputusan pembelian kurang  dimengerti. konsumen merasa bahwa informasi yang datang dari selebriti, terutama juru bicara terkenal memiliki lebih banyak kesamaan dengan gaya hidup dan kepentingan mereka dibandingkan dengan orang yang tidak dikenal. Kedua, teori dan praktek telah membuktikan bahwa penggunaan selebriti dalam iklan adalah cara yang baik untuk menarik perhatian publik Poturak (2013; 234). Sedangkan Menurut Till dan Baack (2005;125) dalam Kiswati (2010; 26) sikap terhadap merek dapat diukur melalui indikator-indikator berikut : a. Suka b. Percaya c. Berpikir Positif d. Mengevaluasi

No comments:

Post a Comment