Thursday, November 30, 2023

Dimensi Kinerja Karyawan

 Menurut (Viswesvaran & Ones, 2000) dimensi kinerja karyawan, antara lain: 1. Effort adalah jumlah usaha yang diperlihatkan karyawan guna melakukan pekerjaan dengan baik.  2. Job Knowladge adalah tingkat pengetahuan yang berkaitan dengan pekerjaan dan ketrampilan yang dimiliki karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan. 3. Quality adalah sejauh mana karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 4. Quantity adalah seberapa banyak hasil pekerjaan yang telah dilakukan karyawan. 5. Compliance with rules adalah sebuah ketaatan karyawan dalam menjalankan aturan yang ditentukan perusahaan. 6. Interpersonal Competence adalah kemampuan karyawan dalam berinteraksi dan kemampuan dalam bekerja sama dengan teman kerja. Adapun dimensi kinerja karyawan menurut (Mathis & Jackson, 2006), antara lain: 1. Kuantitas merupakan jumlah pemenuhan pekerjaan yang dihasilkan. 2. Kualitas merupakan elemen penting, karena kualitas yang dihasilkan menjadi kekuatan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. 3. Keandalan merupakan kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan yang ditentukan. 4. Kehadiran merupakan tingkat dimana karyawan hadir atau masuk untuk bekerja.  5. Kemampuan bekerjasama merupakan sejauh mana karyawan dapat saling membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Sedangkan menurut (Edison, Anwar, & Khomariyah, 2016), dimensi kinerja dibagi menjadi empat, yaitu: 1. Target merupakan indikator terhadap pemenuhan pekerjaan yang dihasilkan. 2. Kualitas merupakan elemen penting, karena kualitas yang dihasilkan menjadi kekuatan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. 3. Ketepatan waktu merupakan di mana kegiatan tersebut dapat diselesaikan, atau suatu hasil produksi dapat dicapai, memaksimalkan waktu yang tersedia untuk kegiatan-kegiatan lain. 4. Taat asas adalah suatu hal yang dilakukan dengan cara yang benar, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan

No comments:

Post a Comment