Wednesday, November 29, 2023

Pengertian Market Value Added (MVA)

 


MVA merupakan metode yang umumnya digunakan dalam
mengukur kekayaan perusahaan yang diciptakan untuk investor.
Kemakmuran para pemegang saham dapat dimaksimalkan dengan
mengetahui hasil dari perbedaan antara nilai pasar ekuitas dengan
ekuitas (modal sendiri) yang diserahkan ke perusahaan oleh para
pemegang saham (Husnan & Pudjiastuti, 2006).
Menurut Winarto (2005), Nilai tambah pasar atau MVA dari
sebuah perusahaan merupakan hasil perolehan dari selisih nilai pasar
perusahaan yang sudah dikurangi oleh beberapa komponen biaya dan
telah dikeluarkan oleh perusahaan untuk modal investasinya. Nilai pasar
perusahaan dapat diketahui dengan seberapa besar perolehan nilai
perusahaan yang dihargai pada pasar saham yang merupakan penggali
antara harga saham dengan jumlah saham yang tersedia.
MVA dapat dinyatakan sebagai selisih antara nilai pasar ekuitas
dengan nilai buku, seperti yang diuraikan dalam laporan neraca, nilai
pasar dihitung dengan cara mengalikan harga saham dengan jumlah
saham yang sudah beredar (Bakar, 2010).
Market Value Added (MVA) merupakan hasil kumulatif dari
kinerja perusahaan yang diperoleh dari berbagai kegiatan investasi yang
telah dilakukan maupun yang akan dilakukan. Dengan hal tersebut,
peningkatan MVA merupakan ukuran keberhasilan suatu perusahaan
dalam memaksimalkan profit bagi pemegang saham dengan cara
mengalokasikan sumber-sumber yang tepat. Sehingga MVA adalah
ukuran kinerja eksternal dari perusahaan (Gulo & Ermawati, 2011

No comments:

Post a Comment