Thursday, November 30, 2023

Perceived organizational support (POS) berpengaruh terhadap turnover intention

 Teori perceived organizational support (POS) menjelaskan bahwa anggota

organisasi akan bersikap dan berperilaku berdasarkan persepsi mereka terhadap
bagaimana treatment yang diberikan oleh organisasi. Dukungan organisasi
yang diberikan kepada anggota organisasi cenderung menimbulkan perasaan
niat baik anggota organisasi terhadap organisasi, memperkuat ikatan antara
anggota organisasi dan organisasi, dan meningkatkan perasaan anggota
organisasi untuk membalas sikap yang dilakukan organisasi (Eisenberger et al.,
1990). Adanya perceived organizational support (POS) akan menimbulkan
keterlibatan kerja meningkat, kepuasan kerja, serta suasana hati yang positif.
Hal tersebut akan membuat anggota organisasi merasa nyaman berada dalam
organisasi sehingga dapat mengurangi kemungkinan munculnya turnover
intention. Beberapa penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa perceived
organizational support (POS) berpengaruh negatif terhadap turnover intention
karyawan (Jawahar & Hemmasi, 2006; Loi et al., 2006; Wong & Wong, 2017).
Studi Meyer et al., (1993) juga menunjukkan korelasi negatif yang signifikan
antara perceived organizational support (POS) dan turnover intention. Adanya
perceived organizational support yang lebih akan menghasilkan turnover
intention yang lebih rendah.  

No comments:

Post a Comment