Sunday, February 18, 2024

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Work Life Balance

 


Menurut Muthukumar et.al. (2014:42), menyebutkan bahwa ada
beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan kehidupan kerja
seseorang, yaitu:

  1. Faktor yang pertama adalah sikap karyawan atau pekerja. Sikap
    mendefinisikan hal yang suka dan tidak suka, sikap adalah cara
    berfikir atau merasa tentang sesuatu.
  2. Balance atau keseimbangan dipengaruhi oleh faktor psikologis.
    Beberapa aspek psikologis antara lain bagaimana individu bereaksi
    terhadap suatu situasi, bagaimana individu menangani sebuah situasi,
    bagaimana mengelola tekanan pekerjaan serta manajemen emosi.
  3. Lingkungan dimana individu tinggal. Lingkungan kerja harus tenang
    dan menyenangkan. Karena keseimbangan berhubungan dengan
    kehidupan pribadi dan profesional kerja, faktor-faktor lain yang
    berpengaruh seperti latar belakang keluarga, status keuangan dan
    sosial keluarga, tahap kehidupan karyawan, struktur keluarga, rutinitas
    sehari-hari, teman dan kehidupan sosial.
    Sedangkan menurut Ahmad dalam Umartiwi (2017:54), mengatakan
    bahwa faktor yang mempengaruhi work life balance yaitu:
  4. Waktu, cangkupan banyaknya waktu yang dihabiskan ditempat kerja
    atau lama waktu berada ditempat kerja.
  5. Jadwal atau serangkaian rencana kegiatan yang dimiliki karyawan
    diluar maupun didalam lingkup pekerjaan, untuk diselesaikan.
  6. Kelelahan, kondisi yang mana berkurangnya kapasitas yang dimiliki
    seseorang unruk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi kerja
    dengan disertai perasaan lelah.

No comments:

Post a Comment