Sunday, February 18, 2024

Kepuasan kerja

 


Kepuasan kerja adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai
pekerjaannya (Hasibuan, 2016). Konsep kepuasan kerja memiliki keterkaitan
dengan sudut pandang humanitarian dan utilitarian, hal ini layak untuk dicermati.
Sudut pandang humanitarian menjelaskan tingkat kepuasan karyawan terkait
dengan sejauh mana karyawan menerima perlakuan yang adil dan tepat dalam
organisasi (Abdallah et al., 2017).
Kepuasan kerja harus memiliki perasaan positif terhadap karyawan dalam
hal pekerjaannya (Canan & Oksay, 2015). Ini terkait sejauh mana kebutuhan fisik,
mental, hingga keadaan sosial karyawan terpenuhi hal ini akan mempengaruhi
kebahagiaan dan tingkat produktivitas di tempat kerja. Kepuasan kerja karyawan
adalah respon emosional yang dihasilkan dalam evaluasi kerja karyawan pada
pekerjaan dan lingkungan kerjanya (Ayamolowo, 2013).
Karyawan yang bekerja dengan perasaan puas cenderung berbicara tentang
organisasi, membantu rekan kerja, dan membuat kinerja karyawan melebihi
pemikiran normal. Kepuasan kerja adalah perasaan yang mendukung atau tidak
mendukung dalam diri seorang karyawan terkait dengan pekerjaan atau kondisinya.
Perasaan terkait pekerjaan melibatkan aspek-aspek seperti usaha, peluang
pengembangan karier, hubungan dengan karyawan lain, penempatan kerja, dan
struktur organisasi.

No comments:

Post a Comment