Menurut Bernadin dan Russel dalam (Akhyadi & Kaswan, 2015 ada enam
standar pengukuran kinerja yaitu:
- Kuantitas
Seberapa jauh atau baik proses atau hasil menjalankan aktivitas
mendekati kesempurnaan, ditinjau dari kesesuaian dengan cara ideal
menjalankan suatu kegiatan atau memenuhi tujuan yang dikehendaki
oleh suatu aktivitas. - Kuantitas
Jumlah yang dihasilkan, dinyatakan dalam nilai dolar atau rupiah, jumlah
unit, atau jumlah siklus kegiatan yang telah diselesaikan. - Ketepatan Waktu
Seberapa baik sebuah aktivitas diselesaikan, atau hasil yang diproduksi,
pada waktu yang paling awal yang dikehendaki dari sudut pandang
koordinasi dengan output yang lain maupun memaksimum waktu yang
ada untuk kegiatan lain. - Efektivitas Biaya
Seberapa baik sumber daya organisasi dimaksimumkan dalam pengertian
memperoleh keuntungan tertinggi atau pengurangan dalam kerugian dari
masing-masing unit. - Kebutuhan Supervisi
Seberapa baik seorang karyawan melaksanakan fungsi kerja tanpa harus
meminta bantuan pengawasan atau memerlukan intervensi pengawasan
untuk mencegah hasil yang merugikan - Dampak Interpersonal
Seberapa baik karyawan meningkatkan harga diri, itikad baik, dan
kerjasama antar sesama karyawan dan bawahan
No comments:
Post a Comment