Sunday, February 18, 2024

Standar Pengukuran Kinerja

 


Menurut Bernadin dan Russel dalam (Akhyadi & Kaswan, 2015 ada enam
standar pengukuran kinerja yaitu:

  1. Kuantitas
    Seberapa jauh atau baik proses atau hasil menjalankan aktivitas
    mendekati kesempurnaan, ditinjau dari kesesuaian dengan cara ideal
    menjalankan suatu kegiatan atau memenuhi tujuan yang dikehendaki
    oleh suatu aktivitas.
  2. Kuantitas
    Jumlah yang dihasilkan, dinyatakan dalam nilai dolar atau rupiah, jumlah
    unit, atau jumlah siklus kegiatan yang telah diselesaikan.
  3. Ketepatan Waktu
    Seberapa baik sebuah aktivitas diselesaikan, atau hasil yang diproduksi,
    pada waktu yang paling awal yang dikehendaki dari sudut pandang
    koordinasi dengan output yang lain maupun memaksimum waktu yang
    ada untuk kegiatan lain.
  4. Efektivitas Biaya
    Seberapa baik sumber daya organisasi dimaksimumkan dalam pengertian
    memperoleh keuntungan tertinggi atau pengurangan dalam kerugian dari
    masing-masing unit.
  5. Kebutuhan Supervisi
    Seberapa baik seorang karyawan melaksanakan fungsi kerja tanpa harus
    meminta bantuan pengawasan atau memerlukan intervensi pengawasan
    untuk mencegah hasil yang merugikan
  6. Dampak Interpersonal
    Seberapa baik karyawan meningkatkan harga diri, itikad baik, dan
    kerjasama antar sesama karyawan dan bawahan

No comments:

Post a Comment