Saturday, May 22, 2021

Faktor Internal Konsumen (skripsi dan tesis)

 Menurut Mei dalam Swastha dan Handoko (2015) Perilaku konsumen merupakan sejumlah aktivitas konsumen dalam usahanya memenuhi kebutuhan dengan mengkonsumsi suatu produk. Faktor internal konsumen akan mempengaruhi terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen, tetapi kondisi ini merupakan kondisi faktor yang tidak bisa dikontrol langsung oleh produsen. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor ekstern dan intern yang akan diuaraikan sebagai berikut: Faktor Internal Konsumen a) Faktor Kepribadian 1. Usia dan tahap siklus hidup Usia adalah satuan waktu yang mengukur waktu keberadaan suatu benda atau makhluk. Baik yang hidup maupun yang mati. Pola konsumsi seseorang tentang kepuasan suatu produk akan didasarkan pada usia dan siklus hidup mereka. 2. Tingkat pendapatan Tingkat pendapatan adalah tingkat dimana pendapatan atau jumlah uang yang diterima oleh seseorang dari suatu aktifitas yang dilakukannya. Pola konsumsi seseorang dipengaruhi oleh tingat pendapatan dari pekerjaannya. Hal ini berhubungan dengan siapa, apa yang dikerjakannya dan bagaimana status sosial pekerjaannya. 3. Gaya Hidup atau tingkat kosmopolitan Gaya hidup seseorang dapat ditangkap dari kegiatan yang diikuti, selera, minat dan pendapat seseorang. Gaya hidup mencerminkan keseluruhan orang tersebut yang berinteraksi dengan lingkungannya. Pola konsumsi seseorang tentang kepuasan suatu produk akan didasarkan pada selera dan siklus hidup mereka. b) Faktor Psikologis Faktor psikologis masing-masing individu berbeda-beda. Faktor psikologis dipengaruhi oleh beberapa faktor juga, antara lain : 1. Motivasi Motivasi adalah keadaan yang ada pada diri sesorang yang mendorong orang tersebut untuk bertindak. Tindakan orang ini adalah untuk mencapai sasaran kepuasan. 2. Persepsi Persepsi merupakan pandangan seseorang akan sesuatu. Masing-masing individu tentunya memiliki persepsi terhadap suatu jenis produk. Kotler dalam bukunya (Kotler2000:164) menyatakan bahwa persepsi adalah proses bagaimana seseorang menyeleksi, mengatur dan menginterprestasikan masukan-masukan informasi untuk menciptakan gambaran keseluruhan yang bermakna. Proses pembelian seseorang dipengaruhi oleh informasi yang didapat yang akan ia olah menjadi keinginan untuk membeli. 3. Pengetahuan Pengetahuan merupakan sikap konsumen yang didapatkan dari pengalaman atas suatu produk. Pengalaman seseorang dihasilkan melalui suatu proses yang saling memengaruhi dari dorongan, stimuli, petunjuk, tanggapan dan penguatan. 4. Keyakinan dan sikap kepribadian Faktor ini susah untuk dipelajari oleh perusahaan karena keyakinan seseorang akan menentukan sikapnya terhadap suatu produk dari perusahaan. Suka atau tidaknya konsumen akan produk snagat dipengaruhi oleh keyakinan yang dimilikinya. 

No comments:

Post a Comment