Saturday, May 22, 2021

Pengertian Kepercayaan Konsumen (skripsi dan tesis)

  Menurut Kotler dan Armstrong (2008), keyakinan (beliefs) adalah pemikiran deskriptif yang dimiliki seseorang tentang sesuatu. Keyakinan bisa didasarkan pada pengetahuan nyata, pendapat, atau iman dan bisa membawa muatan emosi atau tidak. Pemasar tertarik pada keyakinan yang diformulasikan seseorang tentang produk dan jasa tertentu, karena keyakinan ini membentuk citra produk dan merek yang mempengaruhi perilaku pembelian. Sedangkan menurut Sumarwan dalam Sangadji dan Sopiah (2013), kepercayaan adalah kekuatan bahwa suatu produk memiliki atribut tertentu. Kepercayaan itu sering disebut perkaitan objek-atribut (object-attribute linkage), yaitu kepercayaan konsumen tentang kemungkinan adanya hubungan antara sebuah objek dengan atributnya yang relevan. Menurut Mowen dan Minor dalam Sangadji dan Sopiah (2013), kepercayaan konsumen sebagai semua pengetahuan yang dimiliki oleh konsumen, dan semua kesimpulan yang dibuat oleh konsumen tentang objek, atribut dan manfaatnya. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa kepercayaan adalah suatu keyakinan yang dimiliki oleh seseorang untuk mendeskripsikan sesuatu berdasarkan pengetahuan, pendapat atau imannya. Kepercayaan konsumen juga berhubungan dengan objek, atribut dan manfaat suatu produk. Menurut Sangadji dan Sopiah (2013) seseorang membentuk tiga jenis kepercayaan, antara lain :  1. Kepercayaan Objek-Atribut (Object-Attribute Belief) Pengetahuan bahwa sebuah objek memiliki atribut khusus disebut kepercayaan objek-atribut. Kepercayaan objek-atribut menghubungkan objek, seperti seseorang, barang atau jasa dengan atribut. 2. Kepercayaan Atribut-Manfaat (Benefit-Attribut Belief) Kepercayaan ini merupakan persepsi konsumen tentang seberapa jauh sebuah atribut tertentu menghasilkan atau memberikan manfaat tertentu. Dengan kata lain, memiliki atribut yang akan memberikan manfaat yang dapat dikenal. 3. Kepercayaan Objek-Manfaat (Object-Benefit Belief) Kepercayaan objek-manfaat merupakan persepsi konsumen tentang seberapa jauh produk, orang, atau jasa tertentu akan memberikan manfaat tertentu. Menurut Barnes dalam Fian dan Yuniati (2016), menyatakan bahwa ada beberapa elemen penting dari kepercayaan, yaitu : a. Kepercayaan merupakan perkembangan dan pengalaman dan tindakan masa lalu. b. Watak yang diharapkan dari partner, seperti dapat dipercaya dan dapat diandalkan. c. Kepercayaan melibatkan kesediaan untuk menempatkan diri dalam resiko. d. Kepercayaan melibatkan perasaan aman dan yakin pada diri partner

No comments:

Post a Comment