Saturday, May 22, 2021

Model Perilaku Konsumen (skripsi dan tesis)

 Menurut Mowen dan Minor dalam (Sangadji dan Sopiah,2013), menjelaskan model perilaku konsumen sebagai berikut : a. Model perilaku konsumen yang sederhana dua dimensi dalam model perilaku konsumen yang sederhana, yaitu (1) stimulus-stimulus Simplified Model Black Box Marketing Stimuli Target Audience Response   pemasaran (marketing stimuli) dan (2) respon pasar sasaran (target audience response) terhadap stimulus pemasaran yang dirancang oleh perusahaan. Stimulus pemasaran bisa berupa strategi dan metode pemasaran yang dikembangkan produsen atau pemasar untuk memasarkan produk. Dengan stimuli tersebut diharapkan konsumen tertarik untuk membeli produk dan merasa puas. Stimulus pemasar bisa berupa strategi bauran pemasaran (marketing mix) dan STP (segmenting, targeting, positioning). Sementara respons pasar sasaran merupakan reaksi fisik dan mental konsumen terhadap stimulus yang dilancarkan produsen. Diantara dua dimensi tersebut terdapat kotak hitam (black box) yang berupa variabel intervensi (intervening variable) antara stimulus dan respons seperti suasana hati (mood), pengetahuan konsumen, sikap, nilai, dan situasi dan kondisi yang dihadapi konsumen. Suasana hati konsumen, misalnya perasaan senang, sedih, gembira, kecewa, sakit, menentukan perilaku konsumen

Model perilaku konsumen yang lebih kompleks model perilaku konsumen terdapat tiga dimensi, yaitu (1) stimulus pemasaran dan stimulus lain, (2) kotak hitam konsumen, dan (3) respons konsumen. 1. Stimulus Ganda (Stimulus Pemasaran dan Stimulus Lain) Stimulus yang dijalankan produsen atau pemasar, bisa berupa strategi bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi), dan stimulus lain yang berupa kondisi ekonomi, politik, tekhnologi, dan budaya. 2. Kotak Hitam Konsumen Dimensi kedua dari model perilaku konsumen adalah kotak hitam konsumen, yang mencakup (a) karakteristik konsumen dan (b) proses pengambilan keputusan konsumen. Contoh Model of Buyer Behavior Marketing and other stimuli Marketing Other Produck Economic Price Technological Place Political Promotion Cultural Buyers black box Buyer Buyer Character Decision Istics Process Buyer responses Product choice Brand choice Dealer choice Purchase timing Purchase amount  karakteristik konsumen adalah jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan penghasilan, kelas sosial, budaya, dan sebagainya. Proses pengambilan keputusan konsumen dimulai dengan dirasakannya beberapa masalah, yaitu kebutuhan dan keinginan yang belum terpuaskan, pencarian, informasi, pengevaluasian, pembuatan keputusan pembelian, dan diakhiri dengan tindakan pascapembelian. Adapun yang menjadi tujuan dari pemahaman proses pengambilan keputusan konsumen adalah sebagai berikut : a. Untuk memahami tipe-tipe proses pembuatan keputusan konsumen b. Untuk memahami langkah-langkah dalam setiap proses pengambilan keputusan konsumen c. Untuk mengetahui bagaimana konsumen belajar dan membeli produk Karakteristik konsumen dan proses pengambilan keputusan konsumen menentukan perilaku konsumen dalam pembelian. 3. Respons konsumen Dimensi ketiga dari model perilaku konsumen adalah respons konsumen terhadap stimulus produsen/pemasar. Respons konsumen bisa berupa tindakan membeli atau tidak membeli produk yang ditawarkan produsen/pemasar. Selanjutnya akan  dipaparkan tentang faktor-faktor utama yang memengaruhi konsumen untuk membuat keputusan pembelian

No comments:

Post a Comment