Saturday, May 22, 2021

Karakteristik Sikap Konsumen (skripsi dan tesis)

  Menurut Sangadji dan Sopiah (2013) ada beberapa karakteristik sikap yang akan kita bahas di bagian ini yaitu : a. Sikap memiliki objek Di dalam konteks pemasaran, sikap konsumen harus terkait dengan objek karena objek tersebut bisa terhubung dengan berbagai konsep konsumsi dan pemasaran seperti poduk, merek, iklan, harga, kemasan, penggunaan media dan sebagainya. b. Konsisten sikap Sikap adalah gambaran perasaan dari seorang konsumen, dan perasaan tersebut akan direfleksikan oleh perilakunya karena sikap memiliki konsistensi dengan perilaku. c. Sikap positif, negatif, dan netral Sikap positif merupakan sikap yang mungkin dapat menerima atau menyukai suatu hal, sedangkan sikap negatif merupakan sikap yang tidak menyukai suatu hal. Bersikap netral berarti tidak memiliki sikap atas suatu hal. d. Intensitas sikap Intensitas sikap adalah ketika konsumen menyatakan derajat tingkat kesukaannya terhadap suatu produk. e. Resistensi sikap   Resistensi adalah seberapa besar sikap seorang konsumen bisa berubah. Pemasar perlu memahami resistensi konsumen agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. f. Persistensi sikap Persistensi adalah karakteristik sikap yang menggambarkan bahwa sikap akan berubah karena berlalunya waktu. g. Keyakinan sikap Keyakin adalah kepercayaan konsumen mengenai kebenaran sikap yang dimilikinya. h. Sikap dan situasi Sikap seseorang terhadap suatu objek sering kali muncul dalam konteks situasi. Artinya, situasi akan mempengaruhi sikap konsumen terhadap suatu objek. 

No comments:

Post a Comment