Saturday, May 22, 2021

Bentuk-bentuk Motivasi Konsumen (skripsi dan tesis)

  Menurut Lhalauw dan Prasetijo ( 2005: 39 ) macam-macam motivasi adalah motif rasional dan motif emosional. a. Motif rasional, manusia berperilaku rasional pada waktu mereka mempertimbangkan alternatif-alternatif dan memilih alternatif yang memiliki paling banyak kegunaan. b. Motif emosional, pemilihan tujuan berdasarkan kriteria yang subyektif dan bersifat pribadi seperti kebanggaan, ketakutan, perasaan, maupun status. Menurut Assauri ( 1992 : 118 ) motif pembelian barang konsumsi dapat dirinci sebagai berikut: a. Motif pembelian emotional (emotional buying motives) yang terdiri dari: 1) Pembeli ingin nampak berbeda dari yang lain ( distinctiveness) 2) Kebanggaan karena penampilan pribadinya (pride of personal appearance) 3) Pencapaian status sosial (social achievement) 4) Untuk terhindar dari keadaan bahaya (security from danger) b. Motif pembelian rasional (rational buying motives), terdiri dari: 1) Kemudahan dan efisiensi dalam penggunaannya (handiness and efficiency in operation use) 2) Tahan lama (durability) 3) Dapat membantu bertambahnya pendapatan (enhancement of earnings) 4) Hemat dalam pemakaian (economy in use) 5) Murah harga pembeliannya (economy in purchase) Menurut Wuryandari ( 2014 : 5 ) dibedakan antara rational motives dan emotional motives. a. Rational Motives, menyatakan bahwa para konsumen memilih sasaran didasarkan pada kriteria yang obyektif, artinya konsumen secara teliti mempertimbangkan semua alternative dan memilih alternative yang memberikan manfaat terbesar, seperti ukuran, berat, harga, dsb. b. Emotional Motives, mengandung arti bahwa pemilihan sasarannya menurut kriteria pribadi atau subyektif. contoh, kebanggan, ketakuran, kasih sayang, dsb. Jadi dapat disimpulkan bahwa macam-macam motivasi konsumen adalah motif rasional dan motif emosional.

No comments:

Post a Comment