Saturday, May 22, 2021

Pengertian Sikap Konsumen (skripsi dan tesis)

  Sikap merupakan ungkapan perasaan konsumen tentang suatu obyek apakah disukai atau tidak (Shinta,2011). Sementara menurut Dharmmesta dan Handoko (2013), sikap berarti suatu keadaan jiwa (mental) dan keadaan pikir (neural) yang dipersiapkan untuk memberikan tanggapan terhadap suatu obyek, yang diorganisir melalui pengalaman serta mempengaruhi secara langsung dan atau secara dinamis pada perilaku. Menurut Sangadji dan Sopiah (2013), ada tiga komponen sikap, yaitu kognitif, afektif dan konatif (psikomotor) : a) Kognitif berkaitan dengan pikiran (otak) seseorang, apa yang dipikirkan konsumen. Kognitif bersifat rasional, masuk akal. b) Afektif berkaitan dengan perasaan, jadi sifatnya emosional. Wujudnya bisa berupa perasaan senang, sedih, ceria, gembira, dan sebagainya. c) Konatif (psikomotor) berkaitan dengan tindakan. Wujudnya adalah keterampilan seseorang, misalnya terampil menyetir, olahraga, memasak, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment