Saturday, May 22, 2021

Pengertian Motivasi konsumen (skripsi dan tesis)

  Menurt Purwanto ( 2006 : 71 ) motivasi “pendorongan”, suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil untuk tujuan tertentu. Menurut Widayatun (2009 : 112) motivasi mempunyai arti dorongan berasal dari bahasa latin Movere yang berarti mendorong / menggerakkan. Motivasi inilah yang mendorong seseorang untuk berperilaku beraktifitas dalam pencapaian tujuan. Menurut Sangadji dan Sopiah (2013 : 155) motivasi bisa diartikan sebagai suatu dorongan yang menggerakkan konsumen untuk memutuskan bertindak ke arah pencapaian tujuan, yaitu memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan. Menurut Setiadi dalam ( Nugroho 2013 : 19) motivasi konsumen adalah keadaan di dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan guna mencapai suatu tujuan. Dengan adanya motivasi pada diri seseorang akan menunjukkan suatu perilaku yang diarahkan pada suatu tujuan untuk mencapai sasaran kepuasan Menurut Yuniarti ( 2015 : 46 ) konsumen adalah pengguna barang / jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup lain. Jadi dapat disimpulkan motivasi kosumen adalah dorongan yang muncul pada konsumen tersebut, yang menggerakkan pengguna barang atau jasa untuk melakukan aktivitas memperoleh atau membeli suatu produk.

No comments:

Post a Comment