Menurut Mondy dan Noe (2014), beberapa tujuan penilaian kinerja adalah:
- Mengetahui tingkat keterampilan dan kemampuan kerja setiap karyawan
secara berkala. - Dapat digunakan sebagai patokan perencanaan di bidang sumber daya
manusia, khususnya peningkatan kondisi kerja, kualitas kerja dan
pekerjaan yang dihasilkan. - Digunakan sebagai patokan dalam pengembangan karyawan secara
maksimal sehingga karyawan dapat diarahkan dalam mencapai jenjang
dan perencanaan karier, serta kenaikan pangkat dan jabatan kerja. - Dapat mendorong terciptanya hubungan yang baik antara karyawan
dengan pihak manajemen perusahaan. - Mengetahui kondisi perusahaan secara keseluruhan dalam hal
keterseduiaan sumber daya manusia, khususnya kinerja karyawan. - Bagi karyawan dapat digunakan untuk mengetahui kekuatan dan
kelemahan karyawan sehingga karyawan dapat melakukan intropeksi
kinerja masing masing. - Bagi atasan yang memberikan penilaian akan dapat mengenal bawahan
dan karyawan secara lebih baik lagi, sehingga atasan akan mampu
membantu peningkatan motivasi kerja karyawan. - Hasil penilaian kinerja diharapkan dapat memberikan manfaat dalam
penelitian dan pengembangan sumber daya manusia selanjutnya.
No comments:
Post a Comment