Monday, March 25, 2024

Tujuan Penilaian Kinerja

 


Menurut Mondy dan Noe (2014), beberapa tujuan penilaian kinerja adalah:

  1. Mengetahui tingkat keterampilan dan kemampuan kerja setiap karyawan
    secara berkala.
  2. Dapat digunakan sebagai patokan perencanaan di bidang sumber daya
    manusia, khususnya peningkatan kondisi kerja, kualitas kerja dan
    pekerjaan yang dihasilkan.
  3. Digunakan sebagai patokan dalam pengembangan karyawan secara
    maksimal sehingga karyawan dapat diarahkan dalam mencapai jenjang
    dan perencanaan karier, serta kenaikan pangkat dan jabatan kerja.
  4. Dapat mendorong terciptanya hubungan yang baik antara karyawan
    dengan pihak manajemen perusahaan.
  5. Mengetahui kondisi perusahaan secara keseluruhan dalam hal
    keterseduiaan sumber daya manusia, khususnya kinerja karyawan.
  6. Bagi karyawan dapat digunakan untuk mengetahui kekuatan dan
    kelemahan karyawan sehingga karyawan dapat melakukan intropeksi
    kinerja masing masing.
  7. Bagi atasan yang memberikan penilaian akan dapat mengenal bawahan
    dan karyawan secara lebih baik lagi, sehingga atasan akan mampu
    membantu peningkatan motivasi kerja karyawan.
  8. Hasil penilaian kinerja diharapkan dapat memberikan manfaat dalam
    penelitian dan pengembangan sumber daya manusia selanjutnya.

No comments:

Post a Comment