Friday, September 29, 2023

Indikator Kepuasan Kerja

 


Smith, Kendall dan Hulin (dalam Luthans, 1995) menyebutkan terdapat lima
faktor sumber kepuasan kerja meliputi :
a. Kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri
Menunjuk pada seberapa besar pekerjaan memberikan tugas – tugas yang
menarik kepada karyawan, kesempatan untuk belajar, dan kesempatan untuk 
menerima tanggung jawab, dengan indikator - indikator kelengkapan tugas,
kecocokan dengan bakat.
b. Kepuasan terhadap pembayaran
Menunjuk pada kesesuaian antara jumlah pembayaran (gaji/upah) yang
diterima dengan tuntutan pekerjaan dan kesesuaian pembayaran yang
diterima dengan tuntutan ada kesetaraan karyawan dengan karyawan lainnya
dalam perusahaan, dengan indikator - indikator kesesuaian dengan gaji,
kesetaraan dengan pembayaran.
c. Kepuasan terhadap promosi
Menunjuk pada kesempatan memperoleh promosi untuk jenjang jabatan
yang lebih tinggi, dengan indikator – indikator pengembangan karir, promosi
jabatan.
d. Kepuasan terhadap supervisi
Menunjuk pada tingkat penyeliaan yang dilaksanakan dan dukungan
penyelia yang dirasakan karyawan dalam bekerja, dengan indikator –
indikator pengaruh hubungan antara sesama anggota kelompok, dukungan
atau bantuan terhadap pekerjaan.
e. Kepuasan terhadap teman sekerja
Menunjuk pada tingkat hubungan dengan teman sekerja dan tingkat
dukungan teman sekerja dalam bekerja, dengan indikator – indikator
kerjasama yang dilakukan dalam tugas, kerja sama yang dilakukan di luar
tugas.

No comments:

Post a Comment