Monday, March 25, 2024

Definisi Kepuasan Pasien

 


Kepuasan pasien adalah suatu perasaan pasien terhadap kinerja pelayananrumah sakit yang dirasakan terhadap harapannya. Kepuasan pasien merupakantingkat perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja pelayanan rumah sakit yangdiperolehnya berdasarkan apa yang diharapkan. Kepuasan pasien merupakan hal yangpaling penting dalam mengukur pelayanan rumah sakit itu baik apa tidak dengankebiasaan atau perilaku menggunakan jasa rumah sakit berulang-ulang (minat untukkembali) (Dewi M, 2016). Memahami kebutuhan dan keinginan dari pasien merupakan hal yang palingpenting dalam mempengaruhi kepuasan pasien. Pasien yang puas merupakanhal
yang paling bernilai bagi rumah sakit karena apabila pasien yang merasa puas akanselalu memakai jasa dari rumah sakit dan memberitahu ke orang lain bahwa rumah
Universitas Muhammadiyah Surabaya9sakit tersebut memiliki pelayanan yang baik, tetapi jika pasien merasa tidakpuasmaka mereka akan berhenti memakai jasa rumah sakit tersebut dan akanmemberitahukan dua sampai lima kali lebih hebat kepada orang lain tentangpengalaman buruknya. Sehingga rumah sakit akan membuat dan mengolah sistemuntuk meningkatkan kepuasan pasien dan mempertahankannya (Dewi M, 2016).

No comments:

Post a Comment