Monday, March 25, 2024

Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien

 


Aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah:
1.Karakteristik produk
Karaktekteristik suatu produk di rumah sakit yang dapat mempengaruhi
kepuasan pasien adalah penampilan dan dekorasi bangunan rumah sakit, kebersihan dan tipe kelas kamar yang disediakan beserta kelengkapannya. 2.Harga
Harga merupakan hal yang penting dalam mempengaruhi kepuasan pasien. Contoh dari aspek ini yaitu jika suatu rumah sakit memiliki harga yanglebihtinggi dari rumah sakit yang lainnya tetapi kinerjanya sama maka pasientersebut akan memilih rumah sakit yang lebih murah. 3.Pelayanan
Aspek ini sangat penting dalam mempengaruhi kepuasan pasien sehinggasuatu rumah sakit harus dapat memberikan pelayan yang memenuhi
keingginan pasien tersebut. Hal yang mempengaruhi aspek ini. 4.Lokasi
Lokasi dari suatu rumah sakit merupakan suatu aspek yang seringdipertimbangkan oleh pasien. Jika lokasi rumah sakit dekat dengan lokasi
pasien, pusat kota dan lingkuan sekitar rumah sakit baik akan semakinmenjadi pilihan bagi pasien untuk berobat. 5.Fasilitas
Tersedianya alat yang lengkap akan membuat pasien merasa bahwa rumahsakit tersebut siap dengan keadaan apapun pasien yang datang.
Universitas Muhammadiyah Surabaya106.Profil/ image
Image adalah hal yang paling penting dalam melihat kualitas dari suaturumah sakit. Jika image yang diberikan suatu rumah sikt itu baik maka akanbanyak pasien yang akan datang ke rumah sakit tersebut walaupun hargayang diberikan lebih mahal dari pada rumah sakit yang lain. 7.Desain
Tata ruangan dan dekorasi di rumah sakit yang baik akan memberikanrasanyaman untuk pasien. 8.Suasana
Suasana didalam rumah sakit akan memberikan rasa nyaman dan percayapada kualitas rumah sakit tersebut untuk pasien. 9.Komunikasi
Dalam interaksi karyawan dan konsumen serta antar karyawan yang sopan, baik dan jelas akan memberikan nilai plus dalam kepuasan pasien (BeritaNegara Republik Indonesia, 2017).

No comments:

Post a Comment