Tuesday, August 27, 2019
Theory Agency (teori agensi) (skripsi dan tesis)
Theory Agency (teori agensi) adalah teori dasar (grand theory) yang menjelaskan
interaksi (bahkan sering dalam bentuk konflik) pihak pemilik dengan
manajemennyaDalam teori agensi (Jensen and Meckling, 1976), dinyatakan bahwa di
antara pihak-pihak yang berkepentingan, dalam hal ini adalah pemilik dan manajemen,
terdapat informasi asimetris sejak perusahaan publik melakukan pemisahan antara
keduanya. Begitu juga dengan isu pergantian CEO, teori agensi ditemukan sebagai teori
yang sangat relevan untuk menjelaskan keputusan pergantian CEO, baik secara sukarela
ataupun tidak. Hal ini selanjutnya mendorong pihak pemilik membentuk sebuah perjanjian
(kontrak) dengan CEO sebagai alat untuk mengarahkan tindakan CEO agar melakukan
kegiatan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan pemilik. Teori Agensi sangat
mendominasi isu pergantian CEO dalam banyak kasus yang telah diteliti sebelumnya
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment