Kinerja adalah sebuah kata dalam bahasa Indonesia dari kata dasar "kerja"
yang menterjemahkan kata dari bahasa asing prestasi. Bisa pula berarti hasil kerja.
Pengertian Kinerja dalam organisasi merupakan jawaban dari berhasil atau
tidaknya tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Para atasan atau manajer sering
tidak memperhatikan kecuali sudah amat buruk atau segala sesuatu jadi serba
salah. Terlalu sering manajer tidak mengetahui betapa buruknya kineija telah
merosot sehingga perusahaan / instansi menghadapi krisis yang serius. Kesan -
kesan buruk organisasi yang mendalam berakibat dan mengabaikan tanda - tanda peringatan adanya kinerja yang merosot.
Berhasil tidaknya kinerja karyawan yang telah dicapai organisasi tersebut
dipengaruhi oleh tingkat kinerja karyawan secara individu maupun kelompok.
Menurut Noel et.al (dalam As'ad, 1995) mengatakan ada enam kriteria yang
digunakan untuk sejauh mana kinerja karyawqan secara individu.
1. Kualitas.
Tingkat dimana hasil aktivitas yang dilakukan mendekati sempuma dalam
arti menyesuaikan beberapa cara ideal dari penampilan aktivitas atau pun
memenuhi tujuan yang diharapkan dari suatu aktivitas.
2. Kuantitas
.
Jumlah yang dihasilkan dinyatakan dalam istilah sejumlah unit, jumlah
siklus antivitas yang disesuaikan.
3. Ketepatan waktu
Tingkat suatu aktivitas diselesaiakn pada waktu awal yang diinginkan dari
sudut koordinasi dengan hasil output serta memaksimalkan waktu yang tersedia
untuk aktivitas lain.
4. Efektivitas
Tingkat penggunaan sumber daya organisasi dimaksimalkan dengan
maksud menaikkan keuntungan dan mengurangi kerugian dari setiap unit dalam
penggunaan sumber daya.
5. Kemandirian
Tingkat dimana seorang karyawan dapat melakukan fungsi kerjanya tanpa
minta bantuan, bimbingan dari pengawas atau meminta turut campumya
23
pengawas guna menghindari hasil yang merugikan.
6. Komitmen kerja
Tingkat dimana karyawan mempunyai komitmen kerja dengan perusahaan
dan tangungjawab karyawan terhadap perusahaan
No comments:
Post a Comment